10 Ikan Mematikan di Dunia

10 Ikan Mematikan di Dunia

10 Ikan Mematikan di Dunia

10 Ikan Mematikan di Dunia

Hewan darat yang berbahaya adalah salah satunya singa, buaya dan lain sebagainya. Lantas bagaimana dengan hewan air? Contohnya saja ikan. Apakah ada ikan berbahaya? Ikan yang biasa kita ketahui ikan identik dengan keindahan. Akan tetapi ada loh ikan yang berbahaya bahkan beracun, Penasaran?

1. Wels Cattfish atau lele predator

Wels Catfish ialah ikan lele predator besar yang tinggal di daerah Eropa Timur, Selatan dan Tengah. Habitat mereka tepat di cekungan lautan Baltik, Kaspia, dan Laut Hitam. Ikan ini merupakan predator yang agresif dan tak segan membunuh mangsanya. Makanan mereka secara umum adalah ikan, kodok, dan burung air. Meskipun habitatnya jauh dari manusia, namun dapat dibayangkan bagaimana jika gigi mematikan itu menerkam tubuh manusia.

2. Ikan pari listrik

Ikan ini berbentuk gepeng dengan sirip lebar. Organ yang mengandung listrik berbahaya berada tepat di bawah tubuh ikan. Apabila diamati organ ikan yang mengandung listrik ini mirip dengan pola ginjal manusia. Listrik yang tersimpan ini berfungsi sebagai alat melawan musuh dan untuk melumpuhkan mangsa.

Ikan ini jarang dikenali karena hanya bisa ditemukan di dasar laut. Warna ikan ini mirip dasar lautan sehingga membantu bersembunyi dari predator

3. Ikan lepu atau lionfish

Ikan lepu jika dilihat secara sekilas mirip ikan-ikan kecil pada umumnya. Namun yang membuat ia menjadi kategori ikan mematikan ialah karena memiliki duri yang beracun. Duri beracun ini membuatnya memiliki sedikit predator. Predator yang memangsanya akan segera menemui ajal. Ikan ini dapat ditemui di lautan indo-pasifik, tapi kamu juga dapat menemuinya di lautan atlantik.

4. Belut listrik

Belut listrik dapat di temui di perairan Amazon dan sungai Orinoko. Belut ini sangat mematikan karena kekuatan listriknya. Tubuhnya mengandung 6000 sel listrik. Sel-sel ini mampu memproduksi 600 volts listrik. Serangan listrik belut ini jika mengenai manusia akan menimbulkan gagal jantung. Belut ini menggunaan listrik untuk melumpuhkan mangsa dan berjaga dari predatornya.

5. Hiu Banteng

Hiu banteng ialah ikan yang hidup di perairan hangat, tenang, sekitar pantai dan muara sungai. Hiu ini paling mematikan di antara ikan lain yang hidup di perairan hangat. Tak seperti ikan lainnya, ia dapat hidup di air tawar. Hal ini karena kemampuan ginjalnya yang bisa beradaptasi dengan lingkungan perairan .

Kemampuan beradaptasi di berbagai jenis air memperbesar kemungkinan ia bisa mendekati zona manusia. Sudah ada total 121 laporan serangan ikan hiu banteng terhadap manusia. Ikan ini sangat cepat dan agresif. Makanan utamanya ialah burung, lumba-lumba, kura-kura dan apapun di depannya tidak terkeculi hiu lain atau manusia.

6. Piranha

Habitat ikan piranha ialah sungai air tawar di Amerika Selatan. Ikan ini terkenal dengan gigi tajam dan rahang yang kuat. Gigi segitiga yang tajam itu dapat menggigit apa saja. Ikan piranha dapat membunuh hewan yang lebih besar darinya. Pasalnya kekuatan gigitan ikan ini 25-30 kali dari berat badannya. Pada umunya piranha akan makan ikan atau jenis biji-bijian sekitar sungai tempat ia tinggal. Namun jika ia lapar, akan dapat memangsa apapun didepannya.

7. Ikan hiu putih

Ikan hiu putih merupakan hiu raksasa yang menempati hampir semua pantai dan lautan. Ikan ini juga dijuluki sebagai mesin pembunuh. Pasalnya sejak 1580 tercatat ada 403 korban yang diserang ikan ini, dan 65 di antaranya merupakan serangan secara sadis dan fatal.

Tidak seperti di film-film, ikan hiu putih sebenarnya tidak menjadikan manusia sebagai makanannya. Ia menggigit manusia hanya untuk merasakan apakah manusia makanan enak atau tidak. Namun seperti yang kita tahu, gigitan tersebut dapat menimbulkan kematian.

8. Ikan batu

Ikan batu terkenal mematikan karena durinya yang beracun. Jika terkena manusia, maka racun tersebut dapat menimbulkan sesak nafas, diare, dan halusinasi. Racun ini akan berakibat fatal jika tidak diatasi dengan baik. Ikan batu memiliki warna yang mirip dasar lautan. Ia sangat mirip batuan di lautan hingga sulit untuk dikenali.

9. Ikan buntal

Ikan buntal juga mematikan. Ada sekitar 120 spesies ikan ini di dunia. Ikan ini mengandung tetrodotoxin , yakni racun yang mematikan 1200 kali dari sianida. Zat racun ini dapat ditemui di hati, ginjal, mata duri di tubuh ikan, dan sel telur ikan ini.

Jika merasa terancam, maka ikan ini akan menggelembungkan tubuhnya, sebagai taktik untuk melindungi diri dengan duri beracun. Racun ikan ini sangat berbahaya dan dapat membunuh manusia dalam waktu beberapa menit saja. Sayangnya belum ada obat untuk racun ikan ini. Meski demikian, santapan ikan buntal sangat disukai oleh warga Jepang dan Korea. sebutan ikan ini di sana ialah ikan fugu. Namun demikain, hanya chef yang terpercaya mempunyai izin memasak ikan ini.

10. Ubur-ubur kotak

Ubur-ubur kotak memiliki racun berbahaya dan termasuk hewan paling beracun di dunia. Racun ubur-ubur ini dapat meyerang saraf jantung. Manusia yang menjadi korbannya akan mati karena gagal jantung. Sekitar 100 orang mati setiap tahun akibat serangan ubur-ubur kotak.

Nama ubur-ubur kotak mengacu pada tubuhnya yang berbentuk kotak. Ubur-ubur ini dapat ditemukan di lautan indo-pasifik. Setiap ubur-ubur memilik 15 tentakel di setiap sisi tubuhnya. Tentakel ini dapat mempunyai panjang hingga 10 kaki dan mengandung lebih dari 5000 sel racun.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWAR – BENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJA – BAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *