Mencegah Tumbuhnya Lumut Pada Kolam Ikan

Mencegah Tumbuhnya Lumut Pada Kolam Ikan

Mencegah Tumbuhnya Lumut Pada Kolam Ikan

Mencegah Tumbuhnya Lumut Pada Kolam Ikan

Mencegah Tumbuhnya Lumut Pada Kolam Ikan

Merawat Kolam – Memiliki kolam ikan di rumah merupakan salah satu elemen dekorasi tambahan yang dapat membuat suasana rumah menajdi berbeda. Memelihara ikan di rumkah bisa membantu mrnghilangkan stres ketika bekerja maupun beraktivitas yang terlalu padat. Mempunyai kolam ikan tentunya harus melakukan perawatan agar selalu bersih dan sehat. Berikut ini tips agar kolam ikan tidak tumbuh lumut.

  1. Mengurangi populasi ikan dalam kolam

Memelihara ikan di dalam kolam sekaligus tentunya dapat mempercantik tampilan kolam. Terlebih apabila ikan tersebut terdiri dari berbagai jenis yang berbeda dengan ragam warna yang menarik dan indah di pandang. Namun sayangnya, populasi ikan yang terlampau banyak dan tidak menyesuaikan dengan volume kolam justru dapat menimbulkan masalah. Salah satunya adalah dapat mempercepat air kolam menjadi keruh lebih dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kotoran ikan yang dihasilkan. Sebab kotoran ikan ini merupakan habitat yang ideal bagi lumut untuk tumbuh dan berkembang biak.

  1. Membuang lumpur pada dasar kolam

Seiring dengan berjalannya waktu, sisa pakan dan kotoran ikan yang tidak dibersihkan akan mengendap di dasar kolam dan berubah menjadi lumpur. Sampah-sampah lain yang berasal dari luar seperti daun dan sebagainya juga dapat melapuk dan ikut berubah menjadi lumpur. Untuk mencegah datangnya lumut di kolam ikan Anda, lumpur ini harus segera dibersihkan secara berskala. Jangan lupa gosok permukaan dasar kolam dengan menggunakan alat kebersihan rumah berupa sikat supaya lantai kembali bersih.

  1. Menambahkan bakteri pengurai

Beberapa bakteri pengurai sangat bermanfaat bagi habitat kolam ikan karena dapat membantu menguraikan lumut yang bersarang di dalamnya. Contohnya adalah bakteri nitrobacter yang berperan sebagai pemberantas lumut-lumut yang ada di permukaan air. Cara pemanfaatnnya pun sangat mudah, cukup dengan menuangkan bakteri tersebut dalam kolam air sesuai dengan kadar yang sudah ditentukan. Cara ini juga dapat dilakukan agar air kolam tetap jernih lho!

  1. Menggunakan kapur dolomit

Kapur pertanian atau dolomite ternyata memiliki manfaat yang dapat meningkatkan derajat keasaman air. Seperti yang diketahui, bahwa lumut sulit untuk berkembang biak pada kondisi air yang bersih basa. Oleh karena itu, penggunaan kapur dolomite sangat membantu pengendalian populasi lumut dalam kolam.

  1. Menanam tumbuhan air

Tumbuhan air merupakan cara yang tepat untuk dijadikan pesaing bagi lumut dalam memperebutkan nutrisi di dalam air. Contoh tanaman ini adalah eceng gondok, teratai dan sebagainya.

  1. Memelihara ikan pemakan lumut

Beberapa spesies ikan ternyata ada juga yang gemar mengonsumi lumut dan ganggang hijau dalam kolam. Beberapa ikan tersebut diantaranya adalah ikan mas, ikan nila, ikan koi, ikan sapu-sapu dan sebagainya. Namun populasi jenis ikan ini jangan terlampau banyak supaya ikan utama tidak merasa terintimidasi

  1. Mengurangi sinar matahari

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, kolam air yang lebih sering terkena sinar matahari akan lebih mudah terkena lumut. Oleh karena itu, peletakkan kolam ikan usahan di tempat-tempat teduh yang sinar mataharinya lebih tersaring.

  1. Memasang filter kolam

Peranan filter dalam kolam sangat penting dalam mempertahankan kualitas air. Oleh karena itu, kolam ikan Anda juga perlu menggunakan alat ini agar kondisi air tetap stabil.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat