Apakah Ikan Tidur?

Apakah Ikan Tidur?

Apakah Ikan Tidur?

Apakah Ikan Tidur?

Hewan pada umumnya ketika malam akan mencari tempat singgah untuk beristirahat untuk tidur. Kecuali hewan-hewan tertentu yang tidur di siang hari, misalkan kelelawar. Tapi bagaimana dengan ikan ? Apakah ikan tidur?

Pertanyaan yang sekilas terdengar konyol itu sebenarnya cukup menarik untuk kita cari tahu fakta sebenarnya, sebab jika diamati secara angsung, anda mungkin tidak pernah mendapati ikan tersebut tertidur seperti selayaknya binatang lainnya, contohnya kucing atau anjing.

Dengan habitat yang berbeda, yaitu di dalam air, kehidupan ikan memang meiliki perbedaan dengan kehidupan hewan-hewan di darat pada umumnya, hal tersebut juga berhubungan dengan mekanisme pertahanan hidup dari sang ikan tersebut, baik secara teknis, maupun pertahanan dari serangan hewan lainnya.

Berbicara mengenai tidur ikan, nagi anda yag mengangaggap ikan ini tidak pernah tertidur, maka faktanya ikan ternyata tetap butuh tidur dan juga melakukannya, hanya saja dengan praktik yang sedikit berbeda dengan manusia. Perlu diketahui jika ikan sendiri tidak memiliki kelopak mata, kecuali ikan hiu. Oleh karena itu anda akan sedikit sulit membedakan mana ikan yang sedang tertidur, dan mana ikan yang sedang terbangun, bahkan ketika anda coba untuk menyentuhnya, ikan tersebut akan lebih dahulu terbangun dan menghindar.

Selain dengan perbedaan anatomi pada tubuhnya yang tidak memiliki kelopak mata, ikan juga memiliki perbedaan pada caranya tertidur, yakni ikan tersebut tidak pernah tertidur dalam keadaan terlelap. Ikan akan tertidur dalam keadaan setengah sadar, sehingga ia bisa tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan serangan ikan lain atau ancaman bahaya lain yang bisa membuatnya terluka atau mati. Pada saat tertidur ikan akan membiarkan tubuhnya melayang dia air atau juga jika berada di laut maka ikan tersebut bia saja bersembunyi di balik karang agar lebih bisa sembunyi dari kedatangan pemangsa dan ancaman. Beberapa lainnya bahkan ada yang bersikap seperti ikan mati dan berbaring di dasar air. ketika melayang di dalam air bahkan ia masih dapat menggerakan ekornya agar tetap terlihat seperti ikan yangs edang terbangun dan tidak tidur. Beragam bentuk dan cara ikan tidur juga merupakan langkahnya untuk menyembunyikan bahwa ia sedang tertidur, atau sebagai bentuk kamuflase.

Dengan habitatnya yang dipenuhi pemangsa, membuat ikan mau tidak mau harus lebih wapada terhadap segala bentuk serangan ikan-ikan lainnya. Alih-alih tidur dan beristirahat unutk memulihkan tenaganya mereka juga harus bisa membagi kewaspadaanya juga.pada beberapa jenis ikan, mereka juga bahkan hingga memiliki mekanisme pertahanan yang cukup unik, yakni degan menegeluarkan sejenis lendir untuk membuat pertahanan dari pemangsa lainnya untuk melindungi tubuh mereka dari kemungkinan serangan yang bisa saja datang sewaktu-waktu mereka terlelap, lendir yang bebrbetuk seperti kepompong tersebut bisa menjadi perisai unik untuk menghadang para pemangsa datang dan menyantapnya.

Oleh karena itu bisa disimpulkan jika pada faktanya ikan tersebut membutuhkan dan melakukan aktivitas tidur, meskipun dengan mekanisme tidur yang sedikit dengan binatang lain pada umumnya atau bahkan manusia. Perbedaan pada habitat, cara mereka bertahan hidup serta ancaman yang hadir membuat serangkaian mekanisme tersebut memang harus dilakukan oleh sang ikan.

Salam sukses untuk para pembaca 🙂

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat