Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Aquarium

Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Aquarium

Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Aquarium

Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Aquarium

BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR DI AQUARIUM

Ikan air tawar – Memelihara ikan hias air tawar akhir-akhir ini menjadi hobi bagi sebagian orang. Salah satu manfaat dari memelihara ikan adalah untuk mengatasi stress. Penggunaan aquarium juga menjadi solusi bagi Anda yang tidak mempunyai cukup lahan untuk membuat kolam. Budidaya ikan hias air tawar di aquarium bisa menjadi solusi.

Tips Memelihara dan Merawat Jenis Ikan Air Tawar di Aquarium

Menurut catatan KKP, terdapat lebih dari 1.100 spesies ikan hias air tawar yang diperdagangkan secara global dan dari negeri kita memiliki 400 spesies dari total jumlah tersebut. Namun hanya sekitar 90 spesies yang dibudidayakan masyarakat

Ikan hias air tawar lebih mudah dibudidayakan dibanding ikan laut karena teknologinya sederhana dan biayanya murah. Sehingga banyak dilakukan dalam skala usaha rumahan, contohnya dengan menggunakan aquarium. Sangat berbeda dengan ikan hias air laut yang memerlukan fasilitas padat modal.

Ikan hias air tawar asli Indonesia yang menjadi primadona adalah ikan arwana dan cupang. Sedangkan ikan asal negara lain yang bisa didomestikasi dan cukup popular dibudidayakan di Indonesia antara lain koki, koi, discus dan guppy.

Berikut ini adalah rangkaian tips memelihara ikan hias air tawar. Spesies ikan hias tertentu bisa hidup dalam waktu yang sangat lama bila dirawat dengan baik. Oleh karena itu, anda harus memiliki komitmen jangka panjang sebelum mulai memelihara ikan hias air tawar.

images (6)

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan sebelum mulai memelihara ikan:

  1. Cari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli ikan. Perhatikan faktor-faktor berikut:
  • Seberapa besar ikan tersebut bila dewasa dan apakah anda mempunyai akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh ikan setelah dewasa.
  • Cari tahu mengenai suhu air, rentang pH dan sebagainya
  • Apa jenis makanan ikan yang dimakan
  • Temperamen spesies ikan. Apakah spesies tertentu cocok untuk disatukan dengan ikan yang sudah anda miliki atau ingin anda pelihara di masa mendatang. Faktor ini sering terabaikan oleh penghobist.
  • Apakah spesies yang akan anda pelihara mampu berkembang biak dengan cepat? Bila demikian, apakah anda memiliki peralatan pada saat ikan berkembang biak?
  • Apakah ikan yang akan dibeli rentan terhadap penyakit tertentu?
  1. Belilah akuarium sebesar mungkin sesuai dengan anggaran dan ruang yang anda miliki. Akuarium yang besar menyebabkan air dalam akuarium lebih stabil. Sebagai contoh, bila pemanas suhu rusak, dan toko-toko Jual Ikan sudah tutup, suhu air akan lebih stabil dalam akuarium yang besar.
  2. Pelajari tentang siklus nitrogen dalam akuarium apabila anda ingin Budidaya Ikan Hias. Proses penting ini harus anda pahami bila anda ingin berhasil dalam memelihara ikan hias air tawar.
  3. Pelajari peralatan akuarium sebelum anda membeli atau melakukan Budidaya Ikan Hias.
  4. Bila anda senang membaca, belilah buku-buku tentang ikan hias air tawar. Membaca buku adalah cara tercepat untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan untuk memelihara Ikan Hias Air Tawar. Berlangganan majalah Ikan Air Tawar dan akuarium juga merupakan salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan tips dan anda terus mengetahui hal yang baru dalam hobi ini, bisa juga anda bertanya pad a penjual Ikan Hias
  5. Sediakan banyak tempat bersembunyi bagi ikan. Tempat bersembunyi akan menjadi tempat pengungsian ikan dan akan menurunkan level stress ikan.peralatan seperti itu dapat di temukan di Toko Ikan dan Toko Ikan Hias.
  6. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium. Anda dapat membeli test kit untuk menguji kadar amonia, nitrit, nitrat dan pH. Anda juga harus menguji air ledeng bila menggunakan air PAM.
  7. Jangan meletakkan akuarium di dekat jendela. Cahaya matahari yang memasuki akuarium akan menyebabkan ledakan ganggang hijau. Sinar matahari langsung juga akan menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat.
  8. Jangan mengikuti aturan 1inci ikan per 1 galon air. Aturan yang lebih baik adalah 1 inci ikan per 2-3 galon air.
  9. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum dimasukkan ke dalam akuarium tanya sama Penjual Ikan Hias
  10. Beli filter akuarium di Toko Ikan dan Toko Ikan Hias yang memiliki beberapa cartridge, sehingga anda bisa mengganti salah satu bila sudah kotor.
  11. Jangan membilas filter dengan air ledeng. Gunakan air dalam akuarium yang sudah anda saring saat mengganti air Ikan Air Tawar. Klorin dan kloramin dalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat dalam filter

BENIH IKAN – BENIH IKAN AIR TAWAR – BAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI http://www.bagusaquaticfarm.com/ | HOTLINE : 0812 2549 7870

 

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat