Cara Membuat Pakan Lele Dedak Halus

Cara Membuat Pakan Lele Dedak Halus

Cara Membuat Pakan Lele Dedak Halus

Cara Membuat Pakan Lele Dedak Halus

Cara Membuat Pakan Lele Dedak Halus

Pakan Ikan – Budidaya ikan lele salah satu hal yang banyak diminati oleh masyarakat. Budidaya ikan lele termasuk ke dalam budidaya yang mudah untuk dilakukan. Makanan ikan lele juga termasuk mudah untuk dicari. Dedak halus ini merupakan jenis pakan alternatif yang sangat baik diberikan untuk meningkatkan proses pertumbuhan ikan lele. Pakan ikan lele pun juga bisa dibuat sendiri. Berikut langkah – langkah nya.

  1. Persiapan Bahan Pakan

Untuk membuat pakan ikan lele dedak halus ini, ada beberapa bahan penting yang harus dipersiapkan. Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah:

  • Pelet sebanyak 2.5 kilogram
  • Dedak sebanyak 5 kilogram
  • Garam sebanyak 5 sendok makan
  • Ikan asin sebanyak 0.25 kilogram
  • Air sebanyak 5 liter
  • Minyak goreng secukupnya.
  1. Persiapan Wadah

Sesudah semua bahan untuk pakan dalam budidaya lele organik di kolam terpal atau jenis kolam lainnya dengan menggunakan dedak halus, maka ada beberapa wadah dan peralatan yang harus dipersiapkan. Persiapkan wadah atau tempat yang nantinya akan digunakan untuk menaruh dedak beserta dengan bahan bahan lainnya. Baik dedak halus ataupun dedak kasar, wadah yang bisa digunakan adalah memakai ember besar untuk mencampur semua bahan.

  1. Persiapan Bahan Tambahan

Siapkan juga bahan tambahan dan juga campuran yang nantinya akan ditambahkan dalam pakan ikan lele dedak halus. Ada bisa menyiapkan pelet untuk melembutkan dan menghaluskan tekstur dedak halus dan juga kasar. Gunakan jenis pelet yang didalamnya mengandung 20% protein. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mempercepat proses pertumbuhan lele sebab protein yang akan bekerja paling utama di pencernaan ikan lele.

  1. Tambahkan Garam

Menambahkan garam dalam campuran pakan ikan lele dedak halus ini dalam ember berguna untuk mengawetkan dan juga menjaga nutrisi yang terkandung dari semua bahan bahan selama proses memasak sehingga tidak sampai merusak nutrisi yang terkandung dalam bahan. Agar aroma pakan ikan lele dedak halus ini bisa ditingkatkan, maka penambahan ikan asin bersama semua bahan sangat penting dilakukan yang sangat cocok diberikan pada cara penangkaran lele dumbo.

  1. Tambahkan Minyak Goreng Sayur

Bahan berikutnya yang bisa ditambahkan dan dicampurkan dalam bahan di ember adalah minyak goreng sayur. Kegunaan dari minyak sayur ini adalah untuk menambah aroma pakan ikan lele agar baunya lebih menyengat sehingga bisa dikonsumsi ikan lele dengan lahap. Namun jika aroma atau bau yang dihasilkan dari adonan, maka penambahan minyak goreng sayur ini bisa digunakan secukupnya saja.

  1. Aduk Semua Bahan

Sesudah semua bahan pakan untuk cara ternak lele di daerah dingin atau panas masuk dalam ember, maka silahkan campur sampai rata semua bahan tersebut kemudian tambahkan cairan alami secara perlahan yakni air secukupnya. Aduk semua bahan hingga perlahan hingga semua bahan tersebut membentuk adonan yang kental.

  1. Mengukus Adonan

Langkah selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat pakan lele dari dedak halus. Pindahkan adonan yang sudah jadi tersebut dalam panci untuk mengukus. Kukus adonan tersebut selama kurang lebih 1 jam. Apabila warna adonan tersebut sudah berubah warna menjadi matang dan tercium aroma yang sangat harum bahkan bisa sampai tercium seperti ketika membuat kue yang diolah dengan cara khusus. Apabila warna adonan sudah berubah warna menjadi coklat tua, maka ini merupakan ciri jika adonan sudah matang. Angkat segera adonan tersebut kemudian diamkan.

  1. Siapkan Wadah Penyimpanan

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk cara membuat pakan pelet dalam budidaya lele sangkuriang di kolam terpal dari dedak halus adalah menempatkan adonan pakan yang sudah matang tersebut sebaiknya dimasukkan dalam tempat atau wadah yang memiliki beberapa lubang kecil dengan tujuan agar air dalam pakan tersebut bisa keluar. Diamkan makanan lele dari dedak tersebut selama sekitar 24 jam atau selama semalam sebelum nantinya akan diberikan untuk budidaya lele dalam kolam beton, kolam tanah dan juga pemeliharaan kolam.

  1. Cara Pemberian Pakan Ikan Lele

Sesudah cara membuat pakan ikan lele dari dedak sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya yang bisa dipersiapkan adalah cara pemberian pakan pada ikan lele sebelum nantinya bisa diberikan sebagai pakan organik.

  • Kepal kepalkan pakan ikan lele yang sudah jadi tersebut lalu masukkan ke dalam kolam.
  • Selain sangat disukai ikan lele, namun aroma kuat yang dihasilkan dari bahan alami pakan organik ini juga bisa membuat ikan lele nafsu makan sekaligus akan saling direbutkan ikan lele. Berikan pakan organik ini adalah minimal sebanyak 2 kali sehari dan untuk waktu pemberian pakan ikan lele ini adalah ketika malam hari.
  • Agar aroma yang dihasilkan dari pakan ikan lele bisa bertambah kuat, maka setiap kali pakan akan diberikan, maka semprotkan terlebih dahulu dengan minyak sayur.

    BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat