Cara memilih bibit ikan berkualitas

Cara memilih bibit ikan berkualitas

Cara memilih bibit ikan berkualitas

Terdapat banyak macam-macam ikan di dunia, dari mulai ikan tawar sampai ikan laut. Ikan sudah menjadi ladang bisnis untuk masyarakat. Mengingat begitu banyaknya ikan di dunia, selain sebagai sumber protein, ikan juga menjadi hiasan di aquarium di beberapa rumah. Namun bagaimana cara budidaya dengan baik dan benar? Dibutuhkan bibit ikan yang seperti apa?

Diperlukannya bibit ikan yang baik untuk dikembangbiakan adalah agar dilahirkan pula ikan yang baik dari segi kesehatan maupun dari segi fisiknya. Hal ini akan meningkatkan kualitas ikan. Oleh karena itu, diperlukannya ciri-ciri fisik yang mebgungkapkan kualitas dari bibit ikan agar konsumen tidak merasa dirugikan. Ciri-ciri tersebut sebagai berikut:

1. Keserasian benih

Saat memilih ikan untuk dikembangbiakkan, lihatlah kesamaan antara ukuran dan warna pada tubuh ikan. Hak ini dapat dilihat secara kasat mata atau dengan mengambil sampel ikan secara acal dan bandingkan ukuran dan warna yang diambil.

Terlihat adanya kesamaan atau perbedaan terhadap ukuran dan warna ikan. Ikan yang bagus akan sama antara ukuran dan warnanya, berbeda dengan ikan yang kualitasnya kurang bagus, akan terdapat perbedaan ukuran dan warna ikan.

2. Tingkat agresif ikan

Beribu bibit ikan yang dikumpulkan, perhatikan aktifitas ikan dalam wadah pengembangbiakkan. Hal ini akan terlihat pada bibit-bibit ikan yang sudah memiliki struktur tubuh sama dengan ikan yang sudah dewasa. Biasanya tingkat aktifitas ikan dengan kualitas yang bagus akan tinggi sehingga, terlihat pada wadah ikan-ikan tersebut bergerak sangat cepat dan lincah.

Bandingkan saja antara bibit ikan yang satu dnegan bibit ikan yang lainnya karena, si pengusaha bibit pasti punya banyak bibit sesuai dengan tingkat kualitasnya. Apabila bingung antara jenis satu dengan jenis lainnya, dapat pula dibandingkan beberapa jenis ikan yang dilihat dari aktifitas dan kelincahan bibit-bibit tersebut.

3. Menguji ikan pada arus air

Sejatinya ikan hidup di kolam sehingga sejatinya pula ikan harus dapat menahan arus air. Perhatikan kelincahan ikan saat ditempatkan pada arus air, apabila ikan kuat menahan arus bahkan tetap bergerak gesit saat di arus, menandakan bahwa kualitas ikan sangat baik.

Melihat kelincahan tersebut menjadi acuan pada saat memilih bibit ikan agar melahirkan keturunan yang bagus pula. Meskipun secara kasat tidak akan terlihat gerak ikan saat diletakkan pada arus karena kondisi bibit yang masih sangat kecil akan tetapi, setidaknya terlihat gerak ikan walau tidak sampai melawan arus air.

4. Kondisi fisik ikan

Perhatikan kelengkapan fisik ikan. Mulai dari kepala, sirip, dan insangnya. Apabila terdapat kekurangan hal ini akan terlihat secara kasat mata. Biasanya dari segi kelincahan, ikan yang kekurangan pada bagian fisiknya akan langsung terlihat lemas diantara ikan-ikan lainnya.

Seleksilah bibit yang satu ini agar tidak tercampur dengan bibit baik untuk menghasilkan keturunan dengan kualitas baik. Setelah mengetahui performa ikan, akan terlihat keadaan fisik ikan yang bisa saja kekurangan atau terluka bahkan sakit. Hal ini akan berakibat pada tingkat kematian benih yang menyebabkan kerugian pada pembeli.

Selain itu, penularan penyakit jug menjadi mudah karena kehidupan ikan yang kolektif. Kondisi fisik ikan yang lengkap tanpa penyakit akan membantu pembeli dalam menjaga kualitas ternak ikan sehingga, kematian ikan dapat diminimalisir.

yang bagus biasanya dikelompokkan berdasarkan kualitas kondisi fisik, yang paling bagus akan terlihat lengkap fisiknya dnegan kelincahan cukup dan warna yang mulus.

Sebelum membeli bibit ikan dan mebudidayakannya, perhatikanlah hal di atas agar mengembangkan ikan dengan kualitas baik sehingga, kebutuhan akan butrisi hewani dari ikan tidak berkurang.

Tujuan dari pemilihan ikan yang baik untuk meminimalisir kerugian terhadap pembeli dan alasan kesehatan yang sangat krusial untuk dibahas. Segi kesehatan sendiri tidak dapat terjamin hanya dari kualitas ikan yang baik akan tetapi, juga dari proses pengolahan ikan yang akan menunjukkan tingkat kesehatan ikan sehingga layak untuk dikonsumsi.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *