Cara Mengatasi Ikan Sakit

Cara Mengatasi Ikan Sakit

Cara Mengatasi Ikan Sakit

Di artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang bagaimana ciri ikan sakit. Nah bagaimana cara mengatasi ikan sakit? Berikut ulasannya :

  1. Mengganti air

Mengganti air  merupakan salah satu tindakan untuk mencegah timbulnya serangan penyakit terutama penyakit akibat senyawa beracun atau kualitas air menurun. Tujuan untuk mengganti air yakni  untuk mengencerkan senyawa beracun dan menciptakan kondisi lingkungan lebih baik. Dengan penggantikan air akan juga akan menggerus sisa pakan yang ada pada dasar kolam. Bila kondisi lingkungan tidak memdukung kehidupan budidaya ikan maka akan menyebabkan kondisi ikan dalam keadaan kritis sehingga timbul ada penyakit yang akan mengganggu kehidupan ikan. Makanya jalan salah satunya yakni mengganti air atau mengurangi air pada kolam pemeliharaan sehingga pertumbuhan penyakit dapat ditekan. Bila konsisi air untuk budidaya ikan sudah parah dan banyak ikan yang mati maka penggantian air dapat dilakukan terus-menerus sampai kondisi lingkungan kembali baik lagi

  1. Mencuci Kolam

Untuk mengatasi ikan yang mengalami keracunan sebaiknya dilakukan penutupan pada saluran pemasukan air. Setelah itu  ikan dipindahkan pada kolam yang lain yang kondisi lingkungan baik.  Selanjutnya kolam dikeringkan selama beberapa hari agar racun hilang. Cara lain untuk menghilang racun dalam kolam yakni adalah dengan cara mencuci kolam. Caranya air  baru dialirkan ke kolam sehingga air yang beracun sedikit demi sedikit akan hilang.

  1. Merendam ikan stress atau ikan sakit

Perendaman ikan sakit atau setres dapat ditangani dengan direndam dalam air yang bersih, atau direndam dalam wadah yang sudah ada larutan garam dengan kosentrasi tinggi dalam 3 menit, dan bisa juga dapat direndam dalam wadah yang telah diberi larutan kalium permanganate dan methilene blue.  Selain itu untuk menangani ikan sakit dapat dilakukan sopterapi menggunakan tanaman seperti daun papaya. Caranya dua lembar daun pepaya diremas dalam air sampai lumat. Untuk mencegah ikan stress dalam pengangkutan, dalam wadah benih ikan gurame biasanya diberi remasan  daun pepaya. Untuk perendaman ikan sakit dikolam harus dihitung terlebih dulu volume air kolamnya karena itu sangat penting untuk mengukur kosentrasi obat yang digunakan. Dan  saluran pemasukkan air dalam kolam yang dilakukan perlakukan ditutup. Dalam pengobatan ini sering dilakukan pengamatan apakah ikan sudah member tanda-tanda kesembuhan. Bila ikan sudah mengalami kesembuhan air masuk dialirkan kembali.

  1. Memberi pakan

Pada saat ikan sakit atau stress, nafsu makan berkurang. Untuk menangani hal ini dilakukan dengan member pakan yang dicampurkan dengan obat kemudian ditebarkan kedalam kolam. Tujuan tersebut untuk meningkatkan daya tubuh ikan kembali. Obat yang sering digunakan yakni sulfamerazin yang banyak dijual ditoko obat. Dosis yang digunakan  adalah 2 gram dalam 10 kg pakan sudah baik untuk mengobati ikan dengan bobot total 100 kg. Selain itu juga dapat digunakan tanaman untuk menjaga daya tahan tubuh yakni sente, pepaya, ubi jalar dan mengkudu.

  1. Menyuntik ikan

Penyuntikan ikan biasanya diberikan bila jumlah ikan yang sakit sedikit. Penyuntikan biasanya hanya pada induk ikan sebelum dilakukan pemijahan. Untuk dosis yang dianjurkan  pada induk ikan dengan bobot 1 kg dibutuhkan 25 mg teramisin. Teramisin dilarutkan dalam 1 ml aquabidest sebelum disuntikkan. Penyuntikan dilakukan pada punggung ikan.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWAR – BENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJA – BAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat