Cara Tepat Mem-fillet Ikan

Cara Tepat Mem-fillet Ikan

Cara Tepat Mem-fillet Ikan

Salah satu olahan dari bahan ikan yang sering kita dengar adalah dalam bentuk fillet. Fillet artinya daging ikan diiris tanpa sisik dan tulang dan diambil dari kedua sisi ikan. Bagi juru masak atau koki yang sudah handal mungkin bisa melakukannya dalam waktu singkat. Tapi, bagi kita yang belum terbiasa akan terasa agak susah. Tenang, berikut ini tips mem-fillet ikan dengan benar.

Pilih ikan yang masih segar

Sebelum mem-fillet ikan, pastikan ikan harus dalam keadaan segar. Jangan lupa untuk membersihkan bagian isi perut ikan sehingga saat mem-fillet ikan, daging ikan dapat terpotong dengan baik. Gunakan kain lap bersih atau handuk kertas untuk menghilangkan kelembapan ikan agar ikan dapat cepat dipotong.

Gunakan pisau tajam

Gunakan pisau yang tajam untuk memulai fillet. Buatlah sayatan di belakang kepala dan insang, potong miring.

Potong dengan garis

Buatlah sebuah garis dengan ujung pisau sampai ke bagian ekor ikan. Selanjutnya, potong bagian atas ikan sehingga pisau Anda berhenti pada bagian tulang dan sirip. Ketika mendekat ke bagian ekor, pisau akan memotong daging ikan secara garis lurus.

Angkat ikan dengan lembut

Jika ikan sudah terbelah sampai di bagian ekor, gunakan tulang belakang sebagai panduan menjalankan ujung pisau untuk mem-fillet. Lakukan secara perlahan.

Balikkan ikan

Balikkan ikan, lalu lakukan langkah-langkah tadi pada posisi lain.

Kini Anda telah mengetahui tips memotong fillet ikan dengan benar. Selamat mencoba!

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat