Ciri Ikan Lele Siap Panen

Ciri Ikan Lele Siap Panen

Bagaimana mengetahui ikan lele siap panen atau belum bisa dipanen? Biasanya ciri yang paling terlihat adalah dari ukuran badan dari lele tersebut. Jika jumlah lele yang besar sudah banyak, lele akan di panen.

Biasanya jika kita mengambil bibt ikan yang ukuran 2 – 3 cm, jika perawatan kita bagus maka untuk panen pertama, akan butuh waktu sekitar tiga bulan. Jika bibit yang kita ambil memiliki ukuran yang lebih besar lagi, mungkin waktu panen bisa lebih pendek dari itu. Tetapi tetap saja panen ikan lele akan dilakukan secara bertahap karena faktor pertumbuhan ikan lele yang tidak merata.

Biasanya untuk ukuran ikan lele yang sudah dapat di panen, untuk keperluan konsumsi rumah tangga adalah dengan ukuran perkilogram ikan berisi 14 ekor ikan lele, dengan berat sekitar 70 – 80 gram/ekor dengan panjang sekitar 20 cm, tetapi untuk ukuran sebesar itu masih sangat kecil jika di masak. Jika ditempat saya ukuran seperti itu biasanya untuk hajatan dan juga slamatan, yaitu untuk keperluan dalam jumlah banyak.

Sedangkan untuk ukuran ikan lele yang diambil oleh tengkulak adalah yang cukup besar untuk dikonsumsi yaitu, dengan ukuran perkilogram ikan berisi sekitar 10 ekor ikan lele, dengan berat per ekor sekitar 100 gram, dengan panjang per-ekor sekitar 30 cm. Biasanya untuk rumah makan atau warung, juga menyajikan ikan lele dengan ukuran ini, menurut mereka ukuran ini cukup mantab untuk disantab pembeli.

Tetapi jika kita menjualnya untuk pemancingan, ukuran ikan yang diminati adalah dengan ukuran iai 8/Kg sampai ukuran 6/Kg. kerena yang dicari adalah sensasi strike para pemancing, kerena jika ukuran ikan terlalu kecil, maka dapat membuat para pemancing menjadi kecewa.

Perlu di ingat juga bahwa banyak orang yang berpendapat, jika semakin besar ukuran ikan lele, malah rasa dagingnya menjadi lebih hambar, dan kurang gurih jika digoreng. Maka dari itu jika kita ingin menjual ikan untuk konsumsi rumah makan atau rumah tangga, ukuran isi 10/Kg adalah ukuran yang cukup ideal.

Jadi selanjutnya adalah tergantung pilihan masing-masing orang, dan juga segmen pasar yang diinginkan oleh para peternak.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat