Jenis Makanan Dan Cara Pemberian Pakan Ikan Koi Secara Tepat

Jenis Makanan Dan Cara Pemberian Pakan Ikan Koi Secara Tepat

Jenis Makanan Dan Cara Pemberian Pakan Ikan Koi Secara Tepat

Makanan Koi – Jenis makanan ikan koi harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan gizinya, agar tetap terjaga kualitasnya. Perubahan suhu yang tidak menentu menjadi salah satu penyebab ikan koi memerlukan asupan gizi yang berimbang.


makanan-ikan-koi

Jenis pakan ikan koi

Secara garis besar, pakan ikan koi terdiri dari makanan alami dan pakan buatan. Sebagian dari pakan ikan koi terbuat dari bahan sayur-sayuran, roti, cacing, dan buah-buahan.

Secara alami, udang dan cacing adalah makanan yang disukai ikan koi. Ikan koi juga dapat bertahan hidup hanya dengan memakan tumbuhan alga.

Ulat juga merupakan salah satu makanan alami yang dapat diberikan. Pakan jenis ini juga merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi ikan.

Sayuran dan buah-buahan seperti semangka dan jeruk juga disukai koi
Tetapi beberapa biji-bijian tidak cocok untuk ikan koi. Makanan seperi kacang polong dan jagung tidak dapat dicerna oleh ikan koi. Sehingga jangan memberikannya pada ikan koi.

Di samping memenuhi gizi yang cukup, pakan ikan koi juga harus terjaga kualitasnya. Makanan yang kadaluarsa karena terlalu lama dalam penyimpanan, tidak baik untuk koi. Hal ini karena pakan ikan dapat mengalami proses oksidasi yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan ikan koi.

Usahakan makanan ikan koi tidak lebih dari 3 bulan dalam penyimpanan.

Cara membuat sendiri pakan alami ikan koi

Pakan alami untuk ikan koi dapat kita buat dan persiapkan sendiri. Bahan pakan ini terbuat dari bahan alami. Dan berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya:

1. Kali ini, bahan yang digunakan adalah udang kecil.

2. Campur udang dengan telur, wortel, bawang putih, agar-agar, dan vitamin c.

3. Tambahkan sedikit air, lalu blender sampai halus.

4. Sambil menunggu adonan dalam blender halus, buat aroma dari pelet ikan, yaitu dengan memasukkan pelet dalam air panas dan taburi dengan bubuk agar-agar.

5. Campurkan kedua adonan dan dinginkan.

6. Setelah dingin, potong kecil-kecil adonan sehingga berukuran kecil dan tampak menyerupai cacing alami. Hal ini untuk memudahkan dimakan ikan.

7. Campurkan pakan alami buatan kita ini dengan pakan yang biasa kita berikan.

Pakan alami buatan lain yang dapat kita berikan adalah pakan ikan koi dengan mengaplikasikan bahan probiotik.

Dipercaya, jenis pakan ini dapat membuat pertumbuhan ikan lebih cepat dari ikan yang tidak menggunakan probiotik. Hal ini disebabkan karena daya tubuh ikan koi menjadi lebih tinggi dari ikan yang lainnya.

Pakan alami dari udang yang telah kita buat sebelumnya, dapat dicampur dengan bahan probiotik. Yaitu dengan merendam bersama-sama dengan ditambahkan vitamin C.

Dengan demikian jumlah kandungan nutrisi dalam pakan dapat naik berlipat jumlahnya. Hal ini dikarenakan dalam proses perendaman yang telah dilakukan tersebut, ada pertumbuhan mikroorganisme baru yang juga kaya akan nutrisi yang baik bagi ikan koi.

Jenis makanan buatan ikan koi sangat banyak dapat dijumpai di pasaran. Pakan pelet untuk ikan koi biasanya dijual di toko-toko pakan ternak, toko ikan hias, dan tempat lain.

Pada umumnya, jenis pelet untuk ikan koi terdiri dari: pelet sinking (tenggelam), dan pelet floating (mengambang). Untuk anakan ikan koi, biasanya diberikan pelet floating dari jenis mengapung yang lama-kelamaan dapat tenggelam. Hal ini untuk menjangkau anakan ikan koi di setiap usia kedalaman ikan.

Pakan ikan koi lokal biasanya yang digunakan adalah sankoi, cp koi, breeder pro, super save, hokky & kinkoi, dan lain-lain. Sedangkan pakan ikan koi import adalah nozomi, hikari, mizuho, konishi, saki hikari, kenkokanri, CKK, FD, evolution, yamato, shori, fuyufuji, fujizakura, daiici, aquamaster, sugiyama, LC, dan lain-lain.

pakan-pelet-ikan-koi

Pakan untuk anakan ikan koi

Hal yang utama adalah ukuran pakan agar bisa ditelan oleh ikan.

Telah kita ketahui, bahwa setelah menetas 3 sampai 5 hari, burayak atau anakan ikan koi dilengkapi dengan kuning telur sebagai cadangan makanan.

Setelah itu, burayak dipindahkan di kolam yang kaya akan makanan alami. Telah dibahas juga mengenai cara membuat kolam yang kaya pakan alami untuk bibit koi.

Umumnya, penghobi ikan koi mulai memelihara ikan koi dengan membeli bibit setelah berusia 1 bulan karena alasan mudahnya pemeliharaan.

Untuk ikan kecil dapat diberi makan pelet yang berukuran 250 mikron.

Pelet untuk anakan ikan koi dapat memiliki fungsi yang khusus. Ada pelet yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan saja, tetapi ada pelet yang berfungsi untuk mencerahkan warna koi.

Koi yang baik warnanya cerah, image: centralkoi.com

Makanan alami yang berfungsi untuk mempertegas warna koi adalah makanan yang kaya kandungan karotin, misalnya, wortel, tomat, kubis, ganggang, kepiting, dan cacing.

Pakan koi yang mengandung probiotik sangat baik untuk meningkatkan daya tahan koi dari serangan penyakit.

Kandungan spirulina pada pelet ikan dapat membuat sisik ikan lebih shiny. Dan salah satu pakan ikan dengan kandungan spirulina yang popular dan merupakan produk import adalah Hikari Spirulina.

Pelet ikan koi hendaknya juga mengandung protein yang cukup, kandungan wheat germ pada pelet ikan berfungsi untuk membuat kulit ikan lebih putih. Wheat germ juga mengandung protein tinggi yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bulat memanjang pada ikan koi.

Pakan koi dengan kandungan wheat germ adalah ini, Hikari Wheat-Germ yang bisa anda beli dengan klik link tersebut.

Pemberian pakan berupa roti harus berhati-hati, karena dapat menyebabkan kegemukan karena tingginya karbohidratnya.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

 

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat