Memulihkan Kembali Ikan Emas

Memulihkan Kembali Ikan Emas

Memulihkan Kembali Ikan Emas

Di artikel sebelumnya sudah kami jelaskan bagaimana cara menyelematkan ikan emas yang sekarat. Kali ini mari kita bahas bagaimana memulihkan ikan emas yang sekarat?

Memulihkan Kembali Ikan Emas

Kenali gejala-gejala ikan emas sekarat. Terdapat banyak gejala berbeda penyakit pada ikan emas. Mengenali gejalanya dengan tepat dan sejak dini dapat membantu Anda menyelamatkan ikan emas dari kematian.

Saat terbaik memeriksa tanda-tanda penyakit atau kematian adalah sebelum memberi makan.

Gangguan pernapasan: cari gejala seperti terengah-engah, bernapas dengan cepat, menyusuri permukaan air akuarium, atau berbaring di dasar akuarium, yang dapat menunjukkan adanya penyakit atau kualitas air yang buruk.

Parasit internal: ikan emas pada kodratnya mudah lapar. Apabila Anda menyadari ikan tidak mau makan atau mengalami penurunan berat badan, ini dapat menunjukkan adanya parasit internal.

Gangguan kandung kemih: perhatikan apakah ikan berenang dengan aneh, terbalik, atau menggosokkan tubuh ke arah permukaan. Gejala-gejala tersebut bisa menunjukkan semuanya mulai dari penyakit kandung kemih hingga pemberian makan yang tidak tepat.

Penyakit akibat jamur: apabila ikan emas menunjukkan gejala seperti sirip robek atau terlipat, bercak buram, gumpalan atau benjolan, mata menonjol, sirip pucat, atau membengkak, bisa jadi ikan Anda terserang penyakit yang disebabkan jamur.

Pembusukan sirip: ini merupakan salah satu penyakit akibat jamur yang paling umum pada ikan dan muncul dengan gejala seperti area berwarna putih susu pada sirip atau ekor dan sirip yang terlihat compang-camping.

Cari gejala pada ikan lainnya.  Setelah Anda mengenali gejala ikan emas yang sekarat, amati apakah ikan lain di dalam akuarium menderita gejala yang sama. Ini dapat membantu Anda mengenali penyebab penyakit pada ikan emas.

Singkirkan filter dan lakukan pemeliharaan terhadap air. Anda dapat mengobati penyakit seperti infeksi akibat jamur dan pembusukan ekor dengan menyingkirkan filter akuarium dengan benar dan melakukan pemeliharaan terhadap air. Cara ini mungkin akan menyelamatkan ikan Anda dari kematian.

Singkirkan filter karbon aktif di dalam akuarium dan gunakan obat yang dijual bebas seperti Maracyn-Two untuk pembusukan sirip atau methylene blue untuk infeksi akibat jamur.

Apabila Anda tidak yakin apakah ikan menderita infeksi akibat jamur atau pembusukan ekor, jangan gunakan pengobatan ini. Menggunakan bahan kimia untuk menyelesaikan masalah yang sebenarnya tidak ada dapat sangat membahayakan ikan emas Anda.

Lakukan pemeliharaan terhadap air dengan metode garam dan panas.  Apabila Anda menyadari ikan memiliki bercak putih pada tubuhnya, kemungkinan ikan terserang penyakit yang disebabkan parasit ich atau terserang cacing jangkar atau kutu. Menggunakan metode panas dan garam dapat membantu menyembuhkan penyakit dan menyelamatkan ikan emas Anda.

Naikan suhu akuarium dengan perlahan hingga 30 derajat Celsius dalam kurun waktu 48 jam untuk menghentikan parasit ich  bereproduksi. Biarkan akuarium pada suhu ini selama 10 hari.

Tambahkan satu sdm garam akuarium untuk setiap 19 liter air.

Ganti air akuarium setiap beberapa hari sekali.

Turunkan suhu air secara bertahap hingga 18 derajat Celsius.

Anda sebaiknya menggunakan metode panas dan garam apabila terdapat ikan sehat di dalam akuarium. Ini juga dapat membantu menyingkirkan parasit tunggal yang telah menginfeksi ikan yang sehat.

Beri makan ikan Anda sayuran dan makanan rendah protein. Sebagian ikan bisa memiliki gangguan kandung kemih yang tidak dapat disembuhkan dengan mengganti air akuarium. Memberi ikan makan sayuran, seperti kacang polong beku, dan makanan rendah lemak dapat membantu meringankan gangguan kandung kemih.

Kacang polong beku merupakan pilihan yang tepat karena kaya serat dan tenggelam di dalam akuarium dan ikan emas tidak perlu mencarinya di permukaan.

Jangan terlalu banyak memberi makan ikan yang sakit. Hanya berikan ikan makanan baru ketika telah menyelesaikan makanan sebelumnya. Jika tidak mengikuti aturan ini, akuarium Anda akan menghadapi masalah amonia dan membuat ikan menjadi lebih sakit.

Keluarkan parasit dengan pinset.  Apabila Anda menyadari ikan emas memiliki parasit seperti cacing jangkar, Anda mungkin dapat mengeluarkan parasit menggunakan pinset. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati agar tidak melukai atau membunuh ikan emas Anda.

Sebagian parasit bersembunyi jauh di dalam ikan. Anda mungkin dapat mengombinasikan mengeluarkan parasit dengan membunuhnya menggunakan obat komersial.

Pastikan untuk menyepit parasit sedekat mungkin dengan luka pada ikan untuk membantu memastikan Anda menyingkirkan seluruh parasit.

Masukkan ikan emas ke dalam air setiap menit agar ikan dapat bernapas.

Mungkin akan dibutuhkan waktu beberapa minggu hingga parasit menghilang dari akuarium Anda.

Hanya gunakan metode ini apabila Anda yakin ikan emas Anda terserang cacing atau parasit dan Anda dapat menanganinya dengan cukup hati-hati agar tidak membunuh ikan.

Gunakan obat ikan komersial.  Apabila Anda tidak yakin apa yang mengganggu ikan Anda, cobalah menggunakan obat ikan komersial untuk menyembuhkan penyakit apa pun. Cara ini mungkin dapat menyelamatkan ikan Anda dari parasit atau penyakit apa pun.

Anda dapat membeli obat ikan komersial di hampir semua toko hewan dan bahkan di beberapa toko eceran besar.

Ketahuilah bahwa obat ikan komersial tidak diatur oleh agensi pemerintah, yang berarti obat dapat tidak berguna atau dapat membahayakan ikan. Pengobatan terbaik adalah mengetahui dengan yakin penyakit apa yang harus diobati.

Bawa ikan Anda ke dokter hewan.  Anda mungkin mendapati pengobatan di rumah tidak menyembuhkan ikan. Apabila demikian, bawa ikan ke dokter hewan. Dokter hewan mungkin dapat mengetahui alasan ikan menunjukkan tanda-tanda sekarat dan bisa membuat rencana pengobatan.

Pastikan untuk membawa ikan Anda menggunakan kantung plastik yang tertutup tas kertas agar ikan tidak stres.

Ingatlah bahwa dokter hewan mungkin tidak mampu menolong ikan Anda, dan ikan bisa mati bahkan setelah menerima perawatan dokter hewan.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat