Mengenal Terapi Ikan

Mengenal Terapi Ikan

Mengenal Terapi Ikan

Mengenal Terapi Ikan

Pasti kita semua sudah mengenal terapi ikan atau SPA ikan. Terapi ini memanfaatkan gigitan – gigitan oleh ikan kecil dengan merendamkan kaki di kolam. Nah terapi ini memiliki manfaat dan efek samping, diantaranya :
Manfaat terapi ikan bagi kesehatan
Gigitan ikan ini diyakini dapat membantu membersihkan dan mengelupaskan kulit. Individu yang menginginkan terapi ini diminta untuk memasukkan kakinya di dalam kolam atau tangki air tawar hangat yang berisi puluhan hingga ratusan ikan. Ikan-ikan kecil dan ompong ini akan menghisap dan menggigit dengan lembut kulit kering dan mati dari kaki. Ikan yang menggigit memberikan sensasi geli, dan dianggap sebagai pijatan relaksasi. Setelah melakukan terapi ikan ini, Anda akan merasa segar dan kaki tampak sehat. Terapi ikan bermanfaat untuk pengelupasan kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan bakteri, dan juga mengurangi bau kaki. Juga dikatakan bisa menyembuhkan penyakit kaki atlet, dan banyak kondisi kulit lainnya. Sebuah studi yang dilakukan di bawah lingkungan yang terkendali di sebuah universitas kedokteran di Austria, mengungkapkan bahwa terapi ikan ini efektif mengobati psoriasis.

Resiko dan efek samping terapi Ikan
  • Risiko tertular infeksi dari air yang digunakan terapi ikan adalah rendah, apabila kebersihan yang air selalu dijaga dengan baik. Tapi ada beberapa masalah kesehatan lain yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan terapi ikan. Berikut saran dokter:
  • Orang yang memiliki masalah sistem kekebalan tubuh yang lemah dan kondisi medis tertentu seperti diabetes, psoriasis, dll, tidak dianjurkan untuk melakukan terapi ini karena lebih rentan terhadap infeksi.
  • Ikan jenis Garra rufa adalah jenis ikan yang umum digunakan, yang hidup di perairan hangat sungai-sungai didaerah Timur Tengah. Menurut Health Protection Agency, ikan Garra rufa adalah jenis ikan yang baik dan aman digunakan, karena sangat rendah infeksi jika pengusaha spa ikan tertib menjaga kebersihan. Tapi ada beberapa hal yang dikhawatirkan tentang keamanan pengobatan ini. Berikut beberapa di antaranya :
  • Tangki ikan yang digunakanmungkin mengandung sejumlah mikroorganisme. Hal ini dapat menyebabkan infeksi yang mungkin bisa disebabkan karena air kotor, jika kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Infeksi juga bisa menyebar dari manusia ke ikan, atau ikan ke manusia, atau ikan ke ikan, jika masing-masing membawa beberapa penyakit menular. Dengan demikian, orang dengan luka atau infeksi pada kaki tidak diperbolehkan untuk menjalani terapi ini sebelum sembu

    BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *