Menyelamatkan Ikan Emas Sekarat

Menyelamatkan Ikan Emas Sekarat

Menyelamatkan Ikan Emas Sekarat

Menyelamatkan Ikan Emas Sekarat

Bagaimana perasaan anda jika menemukan peliharaan ikan emas Anda mati? tentunya akan sedih bukan? Biasanya ikan emas mati disebabkan karena memang sakit atau bahkan depresi. Tapi jangan khawatir jika Anda menemukan ikan emas yang sedang sekarat, Anda mungkin bisa menyelamatkan. Bagaimana caranya?

Pisahkan ikan emas yang sakit.

Apabila Anda memiliki ikan emas yang sakit, penting untuk memisahkannya dari ikan emas lainnya agar tidak menularkan penyakit potensial. Apabila Anda hanya memiliki seekor ikan emas, biarkan berada di akuariumnya.
Untuk memindahkan ikan emas yang sakit ke akuarium “rumah sakit”, gunakan kantung plastik yang diletakkan di dalam tas kertas untuk menghindari stres pada ikan.
Anda mungkin ingin mengisi air di akuarium baru menggunakan air dari akuarium lama. Namun, apabila airnya merupakan penyebab ikan Anda sekarat, langkah ini justru memperburuk permasalahan.
Apabila Anda menempatkan ikan di dalam air baru, letakkan saja kantung plastiknya di dalam air selama 15-20 menit untuk membantunya menyesuaikan suhu dan tidak mengejutkannya.

Periksa kualitas air

Kebanyakan ikan yang sekarat dapat dipulihkan kembali dengan melakukan perubahan pada air. Menjaga kualitas air penting demi menjaga ikan tetap bahagia dan sehat –serta hidup.

Anda dapat membeli perangkat penguji air akuarium di hampir semua toko hewan.

Perangkat penguji ini dapat membantu Anda mengenali masalah pada air, seperti kadar amonia tinggi.

Uji suhu air untuk memastikan air berada di antara 10-25 derajat Celsius.

Uji tingkat keasaman air. Kebanyakan jenis ikan tumbuh dengan baik pada pH netral sekitar tingkat 7.

Apabila air terlalu asam, Anda dapat membeli penetralisasi kimiawi di hampir semua toko hewan.

Uji pengoksigenan untuk membantu memastikan penyerapan melampaui 70%. [11]

Bersihkan akuarium dan ganti air.

Ikan emas mengeluarkan banyak kotoran dan air akuarium dapat berubah kotor dan penuh amonia atau bakteri dan alga dengan cepat. Membersihkan akuarium dan mengganti air saja dapat membantu menyelamatkan ikan Anda dengan segera.

Pindahkan ikan emas ke akuarium terpisah ketika membersihkan dan mengganti air.

Anda harus membersihkan akuarium satu kali dalam seminggu untuk mencegah munculnya bakteri.

Singkirkan 15% air, semua gravel, dan alga apa pun yang Anda temukan.

Jangan gunakan zat kimia apa pun di dalam air. Membersihkan gravel dan zat kimia apa pun yang menguap di sisi akuarium saja sudah cukup.  Sejumlah kecil zat kimia atau sabun dapat membunuh ikan.

Isi akuarium dengan air keran dingin yang bersih dan segar. Tambahkan pendeklorinasi ke air baru untuk menyingkirkan klorin berlebih.

Periksa ikan emas.

Setelah Anda membersihkan akuarium dan mengganti air, amati ikan emas selama beberapa hari untuk melihat apakah tindakan ini berhasil memulihkannya. Ini dapat membantu Anda menunjukkan dengan tepat apa yang telah atau sedang mengganggu ikan emas Anda.

Anda mungkin dapat melihat hasilnya dengan segera, misalnya apakah akuarium tidak memiliki cukup oksigen, atau dibutuhkan beberapa hari agar ikan emas menyesuaikan diri dengan air dan akuarium baru.

Tunggu selama satu atau dua hari sebelum mencoba pengobatan lain untuk memastikan pengobatan Anda saat ini sudah benar dan tidak membahayakannya.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

 

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *