Pakan Alami Ikan Air Tawar

Pakan Alami Ikan Air Tawar

Pakan Alami Ikan Air Tawar

Kali ini kita akan membahas tentang pakan alami ikan air tawar. Simak penjelasannya di bawah ini !

Pakan alami bagi ikan air tawar dalam pembahasan ini yaitu organisme hidup baik tumbuhan ataupun hewan yang dapat dikonsumsi oleh ikan. Pakan alami biasanya adalah organisme yang menghuni perairan seperti rawa, kolam, sungai situ, danau dan lain lain. Pakan alami makin banyak jenisnya mulai dari plankton, hewan kecil, serangga, larva serangga, larva ikan dan lain lain.

Plankton merupakan organisme  berukuran sangat kecil yang bergerak mengikuti arus apapun yang hidup dalam bagian atas samudera, laut, dan badan air tawar. Plankton dibedakan menjadi dua, phytoplankton dan zooplankton. Phytoplankton merupakan organisme yang sangat kecil yang mempunyai kemampuan fotosintesis. Sedangkan zooplankton biasanya berukuran sekitar 2 – 200 µm, di mana 1 µm sama dengan 0,001 mm.

Beberapa jenis zooplankton yang dapat dijadikan sebagai pakan alami ikan air tawar antara lain:

  1. Rotifera

Rotifera masih tergolong di keluarga udang-udangan. Ukurannya sendiri kecil sekali berkisar antara 50-300 mikron. Rotifera mempunyai korona bulat serta berambut getar dan beraroma sangat kuat.

  1. Infusoria

Infusoria merupakan sejenis protozoa mudah ditemukan di lingkungan perairan yang tergenang dan tidak mempunyai arus seperti kolam, sawah, dan rawa-rawa. Infusoria sangat cocok untuk bayi ikan (burayak) karena ukurannya yang sangat lembut sehingga mudah dicerna.

  1. Daphnia

Daphnia memiliki tubuh yang berbentuk bulat memanjang, agak pipih, dan beruas-ruas. Daphnia lebih senang hidup di perairan yang cukup bersih dengan moncong bulat di bagian bawah kepalanya.

  1. Moina

Moina biasa disebut pula sebagai kutu air. Bentuknya agak bulat, berdiameter sekitar 0,9-1,8 mm, dan berwarna kemerah-merahan. Berbeda dengan daphnia, moina hidup di perairan yang tercemar oleh bahan organik seperti kolam dan rawa-rawa. Kadang-kadang ia juga terlihat di perairan yang banyak terdapat kayu busuk atau kotoran hewan yang tenggelam.

  1. Cacing Sutera

Ukuran cacing ini sangat kecil, tekstur permukaannya halus, dan berwarna kemerah-merahan. Panjangnya hanya berkidar 1-3 cm saja dan biasanya cacing sutera hidup secara koloni di perairan yang jernih, tetapi banyak mengandung unsur organik. Perlu diketahui, cacing sutera mengandung protein sebanyak 57% dan lemak sebanyak 13%.

Demikian, semoga bermanfaat !

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

 

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat