Tips Atasi Air Hijau Pada Kolam Ikan

Tips Atasi Air Hijau Pada Kolam Ikan

Tips Atasi Air Hijau Pada Kolam Ikan

Tips Atasi Air Hijau Pada Kolam Ikan

TIPS ATASI AIR HIJAU PADA KOLAM IKAN

Tips Atasi Air Hijau Pada Kolam Ikan  – Masalah pada kolam ikan adalah air yang tidak jernih atau bahkan air berubah warna menjadi hijau. Hal ini tentunya akan menganggung kita sebagai penikmat ikan hias dan juga tentunya pada ikan peliharaan kita menjadi tidak sehat. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah ini, yuk atasi dengan tips ini.

CARA MENGATASI AIR HIJAU DI KOLAM IKAN

Ada beberapa cara mengatasi penyebab air hijau Algae di kolam ikan.

1. MEMAKAI OBAT
Di toko fishery kotamu (toko perlengkapan ikan) tanya penjualnya tentang obat penghilang warna hijau kolam ini. Mereka pasti punya. Namun, cara ini sangat tidak disarankan. Karena kalau takarannya tidak tepat, bagaimanapun juga ini adalah obat yang mengandung bahan kimia, bisa-bisa ikan kesayangan kita akan mati lemas.

2. MEMAKAI FILTER ULTRAVIOLET (UV)
Alat ini juga ada di fishery. Ada yang dijual jadi satu dengan mesin filter / penjernih kolam, ada juga yang dijual terpisah. Jadi nanti ditaruh di dalam air kolam, terpisah dari mesin penjernihnya.

Cara kerjanya, air kolam yang disaring kedalam filter sinar UV itu, akan membunuh algae yang disinarinya.

Namun lagi-lagi, cara ini kurang disarankan, sebab akan ribet. Ribetnya biasanya mesin penjernih akan susah sewaktu dibersihkan, karena menjadi satu dengan filter ultravioletnya. Juga biasanya lekas rusak, kecuali mungkin yang berharga mahal (biasanya sudah masuk jutaan). Yang terakhir, pemakaian filter sinar UV tidak disarankan karena secara fisik berbahaya bagi mata manusia. Mata manusia yang mungkin tak sengaja menatap sinar UV ini, lambat laun akan mengalami kerusakan.

3. DITUTUPI DENGAN ANEKA POT TANAMAN
Cara ini jauh lebih natural. Kalau posisi kolam ikan sudah kadung menerima sinar matahari secara efektif, bisa diakali dengan menaruh pot-pot tanaman disekeliling kolam ikan, diatur sedemikian rupa agar pot tanaman itu menghalangi sinar matahari menerobos masuk ke dalam kolam. Cara ini selain lebih membuat sekitaran kolam menjadi asri, juga aman; aman bagi ikan dan aman bagi manusia.

4. SEJAK AWAL BIKIN RENCANA POSISI KOLAM TERHINDAR DARI SINAR MATAHARI
Sebetulnya, sinar matahari tetap diperlukan oleh ikan. Karena matahari merupakan sumber vitamin dan protein bagi mereka. Tapi dengan intensitas secukupnya. Kalau 100% kolam ikan terpapar sinar matahari secara efektif dari pagi sampai siang, maka air hijau keruhlah yang didapat, sehingga justru tak menyehatkan.

Jadi, posisikan kolam ikan kamu sedemikian rupa, agar hanya sekitar 25% saja mendapat sinar matahari secara langsung. Ini menjamin kolam ikanmu tidak berubah warna menjadi hijau keruh, dan tetap jernih selamanya.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat