Tips Kolam Koi Sehat

Tips Kolam Koi Sehat

Tips Kolam Koi Sehat

Kesehatan manusia ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan. Seperti halnya sama juga dengan makhluk hidup lain, seperti ikan koi. Nah, bagusnya kesehatan dalam perkembang biakan ikan koi ditentukan kebersihan kolam. Ikan koi ada ikan hias yang indah bukan dari sisi  samping, melainkan bagian atas. Jadi sangat disarankan jika memelihara ikan koi lebih bagus dikolam daripada di aquarium, sebab akan mengurangi keindahan dari koi tersebut.

Apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat kolam koi kita menjadi sehat? Berikut akan kami jelaskan tentang bagaimana kolam koi yang sehat.
Lokasi kolam koi
Lebih baik lokasi kolam koi adalah di dekat rumah,agar dapat menikmati keindahannya dan diberi makan paling tidak dua kali dalam sehari. Hindari membuat kolam koi dibawah pohon karena daun-daun bisa mengotori kolam dan hindari di tempat-tempat yang tidak aman dari hama dan orang tidak bertanggung jawab.

Membuat kolam koi lebih baik di bawah tanah, dengan cara menggali tanah.
Karena keindahan koi adalah pada bagian punggungnya. Kolam koi seperti aquarium kurang memberikan pemandangan yang bagus bagi keindahan koi.

Sistem filter kolam koi yang baik
Jika tidak mau ribet dengan berbagai kerumitan filter kolam,salah satunya dalah dengan membeli filter kolam yang sudah jadi. Anda tinggal menyesuaikan spesifikasi filter dengan ukuran kolam yang dimiliki. Namun demikian tentunya harus bersiap dengan dana yang bisa jadi tidak sedikit. Selain itu dalam memilih filter untuk kolam adalah kemudahan dalam maintenance dan mudah dibersihkan. Berbagai merek produk filter kolam tersedia di pasaran, salah satunya adalah Nexus. Produsen nexus memproduksi berbagai varian filter kolam antara lain Nexus Easy Pod, Nexus Eazy 210, Nexus Eazy 310 dan lain sebagainya.
Ukuran kolam koi
Lahan yang tersedia jangan dialokasikan semua untuk kolam koi tetapi sisakan 30% untuk ruang filter. Sesuaikan pula dengan jumlah ikan, ukuran ikan yang akan dipelihara. Pikirkan baik-baik bila akan membangun kolam koi dengan ukuran besar karena dalam operasional akan memerlukan daya pompa yang besar dan biaya perawatan yang lebih besar pula.
Kedalaman kolam koi
Idealnya kolam koi memiliki kedalaman 2 meter atau kalau tidak memungkinkan sekitar 1 meter. Dengan kedalaman ini suhu pada kolam koi antara siang dan malam tidak mengalami perbedaan yang mencolok. Perubahan suhu yang mencolok kuran baik bagi koi. koi harus selalu beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Kolam yang dalam cenderung membuat pertumbuhan koi lebih cepat dan membuat koi aman dan nyaman.
Bentuk kolam
Pada dasarnya bentuk kolam adalah bebas sesuai selera, yang perlu menjadi catatan bentuk kolam jangan sampai ada bagian yang mati (Death Area), pastikan air selalu mengalir dari waterfall ke setiap penjuru kolam. Bagian kolam yang mati akan membuat bakteri dan gangang tumbuh dan berkembang di tempat tersebut.
Sudut dan dasar kolam
Upayakan bagian pertemuan antar sisi kolam melengkung dan hindarkan sudut 90 derajat,untuk menghindarkan dari area mati. Bagian Dasar Kolam jangan dibuat rata, buat bagian paling tengah (Botom Drain) lebih dalam dan bagian tepi ke arah tengah miring 20 sampai 40 derajat. Kotoran ikan dan sisa-sisa makanan akan mengendap pada bagian dasar kolam dengan model miring akan membuat kotora terkumpul dan mudah dibersihkan.
Jangan menaruh material dan benda tajam pada kolam koi
misalnya batuan sebagai hiasan, semen yang tidak halus pengaciannya. Gerakan koi terkadang sangt atraktif material ini bisa melukai dan membahayakan koi.
Pipa Pralon Untuk menambahkan Air
Air terjun, sistem filter, penguapan air akan mengurangi jumlah air dalam kolam, persiapkan pipa pralon untuk menambahkan air dengan mudah dari sumur atau PAM.

Nah diatas sudah kami jelaskan tentang bagaimana kolam koi yang sehat. Semoga bermanfaat 😉

 

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

 

 

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat