Tips memilih benih ikan bawal dan kualitas pakan ikan

Tips memilih benih ikan bawal dan kualitas pakan ikan

Tips memilih benih ikan bawal dan kualitas pakan ikan

Pemilihan benih ikan bawal dibutuhkan ketelitian, karena jika pemilihan benih ikan yang baik maka akan terciptanya ikan yang sehat dan bagus tunbuh kembangnya. Adapun ciri-ciri benih ikan bawal yang baik antara lain :

  • Sehat
  • Anggota tubuh lengkap serta tidak cacat
  • Aktif bergerak
  • Tidak membawa penyakit
  • Ukuran seragam
  • Jenis Unggul Sebelum benih ditebar perlu diadaptasikan, dengan tujuan agar benih ikan bawal tidak dalam kondisi stress saat berada dalam kolam.

Cara adaptasinya adalah; ikan bawal yg masih terbungkus dalam plastic yg masih tertutup rapat dimasukkan kedalam kolam, biarkan sampai dinding plastic mengembun. Ini tansertaya airkolam serta air dalam plastic sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plasticnya serta air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastic tempat benih sampai benih terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih ditebar/dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan.

Pemiliihan Benih

Pemilihan benih mutlak penting, karena hanya dengan benih yg baik ikan akan hidup serta tumbuh dengan baik. Penebaran benih Sebelum benih ditebar perlu diadaptasikan, dengan tujuan agar benih ikan tidak dalam kondisi stres saat berada dalam kolam.

Cara adaptasi : ikan yg masih terbungkus dalam plastik yg masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, biarkan sampai dinding plastik mengembun.

Ini tansertaya air kolam serta air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya serta air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastik tempat benih sampai benih terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih ditebar/dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan.

Kualitas Pakan

Kualitas serta kuantitas pakan sangat penting dalam budidaya ikan, karena hanya dengan pakan yg baik ikan dapat tumbuh serta berkembang sesuai dengan yg kita inginkan. Kualitas pakan yg baik adalah pakan yanq mempunyai gizi yg seimbang baik protein, karbohidrat maupun lemak serta vitamin serta mineral. Karena ikan bawal bersifat omnivora maka makaserta yg diberikan bisa berupa daun-dauserta maupun berupa pelet. Pakan diberikan 3-5 % berat baserta (perkiraan jumlah total berat ikan yg dipelihara). Pemberian pakan dapat ditebar secara langsung.

Pemungutan Hasil 

Pemungutan hasil usaha pembesaran dapat dilakukan setelah ikan bawal dipelihara 4-6 bulan, waktu tersebut ikan bawal telah mencapai ukuran kurang lebih 500 gram/ekor, dengan kepadatan 4 ekor/m 2 . Biasanya alat yg digunakan berupa waring bemata lebar. Ikan bawal hasil pemaneserta sebaiknya penampungannya dilakukan ditempat yg luas (tidak sempit) serta keadaan airnya selalu mengalir.

 

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat