Tips Mengatasi Bau Busuk Pada Kolam Lele Terpal

Tips Mengatasi Bau Busuk Pada Kolam Lele Terpal

Tips Mengatasi Bau Busuk Pada Kolam Lele Terpal

Tips Mengatasi Bau Busuk Pada Kolam Lele Terpal

Di artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang penyebab bau busuk pada kolam lele terpal. Nah, kali ini mari kita bahas bagaimana cara mengatasi bau busuk pada kolam lele terpal. Simak ulasan berikut ini.

  • Beri pakan secukupnya saja. Berilah pakan lele secukupnya saja, jangan berlebihan. Sisa pakan yang berlebihan akan menghasilkan Amoniak. Amoniak inilah salah satu faktor penyebab bau busuk. Beberapa praktisi menganjurkan agar membuat perkiraan pakan yang dapat membuat seekor ikan dalam kondisi 80% kenyang.
  • Buang ikan yang mati. Dalam budidaya lele biasanya terdapat beberapa ikan yang mati dan mengambang di kolam. Ikan-ikan yang mati tersebut harus segera diangkat dan dibuang. Apabila bangkai ikan dibiarkan, bangkai ikan tersebut dapat menjadi sumber bau sekaligus menjadi indikator air kolam dalam level kurang sehat.
  • Merebus pakan mentah. Jika kita ingin memberikan pakan mentah sebagai pakan tambahan sebaiknya direbus terlebih dahulu terutama jika pemberian volume banyak. Sesuaikan jumlah pakan dengan jumlah ikan di dalam kolam. Pakan mentah yang bersisa dapat menimbulkan bau busuk yang menyengat.
  • Penggantian air secara berkala. Lele memang tetap dapat tumbuh meski tanpa penggantian air, namun penambahan volume air tetap perlu dilakukan untuk mengganti turunnya volume air. Penggantian air secara berkala dapat mengurangi bau pada kolam. Sebab beberapa racun dan bakteri ikut berkurang bersama terbuangnya air.
  • Pensifonan. Pensifonan adalah membuang kotoran atau endapan dari dasar kolam. Pensifonan dapat dilakukan dengan membuka saluran pembuangan atau menyedot menggunakan selang. Pensifonan penting dilakukan karena kita membuang kotoran dan amoniak yang menyebabkan bau menyengat di kolam. Pensifonan sebaiknya dilakukan sore hari agar lele tidak stress. Setelah selesai, kemudian tambahkan kembali air untuk menggantikan air yang terbuang.
  • Filter air. Penerapan metode filter air memang jarang dilakukan, namun menggunakan metode ini dapat mengurangi bahan organik yang mengendap di dasar kolam dan bau yang ditimbulkan. Penggunaan filter air pada kolam mirip seperti instalasi filter air pada aquarium. Air kolam dipompa menggunakan instalasi filter air kemudian dialirkan kembali ke kolam. Penggunaan filter air akan membuat air lebih bersih, meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air juga melepas kadar amoniak ke udara. Penggunaan filterair biasanya pada kolam padat tebar.
  • Membuat kucuran air. Kucuran air akan melepaskan kamdungan amoniak ke udara sehingga dapat mengurangi bau pada kolam. Kita dapat membuat kucuran air menggunakan pompa air atau pompa akuarium.
  • Menggunakan bakteri probiotik

 

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *