Tips Merawat Burayak Ikan Cupang Setelah Menetas

Tips Merawat Burayak Ikan Cupang Setelah Menetas

Semua makhluk hidup termasuk hewan perlu adanya pemeliharaan. Hewan menetas atau hewan yang terlahir harus diperhatikan cara merawatnya. Tahukah Anda, ikan baru menetas juga perlu adanya perhatian dalam perawatannya. Berikut beberapa tips merawat burayak ikan cupang setelah menetas 🙂
Dari pengalaman yang ada waktu penetasan untuk telur pun ada yang berbeda. Namun rata-rata memakan waktu 3 – 4 hari menjadi burayak. Tergantung iklim dan kualitas air serta pakan yang ada juga sangat berpengaruh lho..jika sobat pernah menelaah dan hasilnya berbeda dengan yang ada, sobat bisa memberi info yang lebih akurat lagi tentang penetasan telur cupang ini.

Cara Merawat Burayak

Untuk anak ikan cupang yang baru menetas, bila perlu tidak usah diberi pakan terlebih dahulu selama kurang lebih 3 hari, karena anak cupang tersebut dapat memperoleh makanannya dari kuning telur yang masih berada di dalam tubuhnya.
 

Jika sobat melihat tanda-tanda sebagian dari telur tersebut menetas, ntah itu 2 atau 5 usahakan untuk emindahakan sang indikan tadi ke tempat tersendiri. Dari pengalaman pembudidaya sekitar mengatakan akan lebih baiknya jika sobat meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikannya. Karena dari sekian burayak yang ada seketika dapat hilang sendiri yang mana di makan oleh indukan jantan tadi.

Setelah indukan jantan sobat pisahkan, Dari telur sampai menetas menjadi burayak, usahakan untuk terus memantau perkembangannya hingga bisa berenang seperti layaknya ikan dewasa yang bisa mencari makan sendiri.

Setelah semuanya selesai menjadi burayak, sobat bisa ngasih makan telur atau artemia. Jangan lupa lagi jika jumlahnya sangat banyak, usahakan untuk menjadikan dua bagian pada tempat yang terpisah. Yang berfungsi meminimalisir kematian.

Tips dan Cara memberi makan burayak kuning telur adalah sebagai berikut : 

Mula mula ambil kuning telur, lalu bungkus dengan kain yang memiliki pori – pori halus, lalu masukan dengan perlahan naik turun sembari sedikit ditekan agar butiran butiran kunig telur yang super halus keluar dari kain hingga para burayak cupang yang kelaparan mengerumuni buntalan kuning telur tadi. <~

Agar dalam pemeliharann bisa berjalan lancar dan mulus sukses, yang perlu di ingat adalah dalam pemberian pakan yang berupa telur ini cukup hanya dalam waktu satu hari saja. Setelah itu sobat bisa memindahkannya pada wadah atau tempat yang lebih besar lagi yang berfungsi agar burayak tersebut tidak banyak yang mati.

Kenapa demikian? Karena jika sobat memberikan pakan kuning telur tadi dalam satu wadah terkumpulnya semua buryak, akan bisa menyebabkan ketidak sehatan dan menimbulkan kematia. Yang mana air dalam wadah tersebut juga akan ikut menjadi kotor oleh kuning telur tadi.

BENIH IKAN JOGJA – BENIH IKAN AIR TAWARBENIH LELE SANGKURIANG – IKAN TAWAR JOGJABAGUS AQUATIC FARM (BAF YOGYA) adalah Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Karyawan kami adalah para ahli dibidangnya, sehingga dihasilkan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | Hubungi kami di 0812 2549 7870 / 0856 4346 8846 | email : harisukartono@yahoo.co.id

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat